caturnugraheni

Pembelajar, Turun ke Lapangan, Berlayar, Berkelana, dan Berbakti untuk Kebaikan

Jejak Syukur di Pulau Perak

IMG_3415 IMG_3486

Hari ini senja begitu ramah, cerah, dan tak berawan sedikitpun. Aku menjadi begitu tertarik untuk sedikit menengok ke balik arah. Aku coba telusuri pulau kecil ini, sedikit ke barat, aku temukan semacam laguna kecil. Aku duduk di tepinya, menapat karang-karang yang tampak bergelantungan karena akarnya jauh melesak ke damam pepasiran.
Aku sedikit merenung, jika saja setiap harinya aku bisa menikmati pulau ini?
Lantas aku bertanya atas diri ini, nikmat Tuhanku mana lagi yang aku dustakan?
Tuhan begitu baik terhadap manusia, Dia berikan segalanya untuk kita? Tapi kita seringkali tak sadar dan mengufurinya. Dimanakah letak ketaatan dan kesyukuran kita?
Kalau saja kita sempatkan sedikit waktu, tak perlu setiap bulan, 3 bulan sekali pun tak masalah. Kita coba keluar dari rutinitas kantor, menafakuri alamnya Tuhan. Cobalah, sebentar saja!
Agar jangan lagi kita hanya mengeluh “lelah, penat, bosan, dan gerah”. Bukankan bertafakur itu sebagian dari tasbih kepada Tuhan? Jika begitu, mengapa kita mesti ragu dan sayang untuk menyisihkan sebagian uang kita? Mengapa kita lebih memilih membelanjakannya untuk gadget dan segala macam kebutuhan duniawi? Lalu kita lupa, bahwa jiwa raga kita butuh sejenak berebahan di bawah angin sepoi dan rintik cemara.
Aku sedikit melanjutkan langkah, semakin ke barat, aku duduk di batang bakau yang sudah menua. Sekali lagi, aku merenung.
Sudahkah kita bersyukur?

Pulau Perak, 2014.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on October 31, 2014 by .
