caturnugraheni

Pembelajar, Turun ke Lapangan, Berlayar, Berkelana, dan Berbakti untuk Kebaikan

Melepas Embun

embun-pagi12

via: ibask.wordpress.com

Sebenarnya embun tak pernah marah jika matahari mengangkat tetesannya dari atas dedaunan.

Toh ia pernah mengristal dengan kokoh di ujung-ujung pohon pinus.

Ia pun tak pernah marah saat awan mencurahkan lebih banyak hujan dan menghanyutkannya.

Toh ia pernah singgah sebentar di atas mahkota anyelir.

Sekarang aku paham sekali jikalau embun tetap tenang saat matahari datang, saat hujan menyerang..

Karena ia percaya bahwa malam dan fajar senantiasa setia mengantarkannya kembali ke peraduan.

Lantas apa yang membuatku risau?

Apakah kemudian aku egois dengan apa yang aku pikirkan sekarang?

Aku diam dalam temaram, dalam sayup-sayup angin di sela pucuk cemara.

Aku mulai memaknai segala hal yang telah membuatku segalau ini.

Aku tak pernah mengenal dia sebelumnya.

Lantas bagaimana aku mesti tak rela jika dia pergi? Siapa aku? Sombongnya….!

Aku kembali bingung…

Aku menahan sedikit sesak, lalu aku beranjak lagi, mengitari bungalau kecil itu.

Aku sedang berada dalam sebuah pertanyaan besar.

Aku mulai berharap atasnya.

Ah…. tak pantas sekali rupanya. Untuk apa dia datang, kalau akhirnya ia akan pergi.

Duh..ingat, ingat sekali lagi apa yang aku katakan tentang embun.

Toh ia tabah dan tak pernah mengutuk apa-apa yang mengajaknya binasa.

Baiklah, aku tengok lagi petuah seorang kawan, bahwa rasa sakit itu akan hilang hanya dengan adanya pengganti.

Aku paham, paham sekali bahkan.. karena malam dan fajar akan selalu menggantikan embun yang hilang ditelan matahari.

Taman Suropati, 23 Januari 2015.

Dalam perangkap senja

Leave a Reply

Information

This entry was posted on May 1, 2015 by .
