caturnugraheni

nothing else matter

Serangan Fajar dari Mba Dewi Hughes

buah-sayur

gambar diambil dari jokowarino.id

Diet kenyang ala Mba Dewi Hughes ini sebenarnya sudah terkenal sejak lama, akan tetapi saya baru terinspirasi untuk mengikuti jejaknya sekitar 2 minggu yang lalu. Pagi itu, saya merasa bahwa saya harus berubah, karena saya sering mengeluh sakit ini itu. Akhirnya, sepanjang pagi setelah shalat subuh saya menonton video-video Mba Dewi, dari mulai kelas Hypnotherapy sampai ke proses metik-metik buah dan sayur di kebun. Akhirnya, mantaplah hati dan pikiran saya. Setalah beberapa jam ikut kelas Mba Dewi, sepertinya saya sudah kena hypnoterapy-nya beliau deh, karena tetiba saya excited buat segera mempraktikkan pola diet ala Mba Dewi.

Beberapa poin sangat baik yang saya petik dari program Diet Kenyang ala Mba Dewi adalah sebagai berikut:

1. Di dalam tubuh dan otak yang sehat, ada jiwa yang bahagia

Pertama, Mba Dewi mengajak semua peserta (kelas hypnotherapy) untuk memulai semua pergulatan Diet Kenyang ini dengan kebahagiaan terlebih dahulu. Intinya, buat tubuh kita bisa menerima makanan sehat nanti, hati kita harus selalu bahagia. Bagaimana kita bisa bahagia? Kuncinya adalah bersyukur dan menyelesaikan masalah yang ada pada diri sendiri. Untuk bisa ikut diet Mba Dewi, ingat ya teman-teman, masalah kita harus selesai terlebih dahulu, nggak ada lagi kata-kata ih, ah, uh, cuih, dan sebagainya yang bisa memacing pikiran negatif ya. Kita mesti pandai mengurai masalah-masalah yang selama ini menyebabkan kita sulit makan sehat, sulit bangun pagi, sulit olah raga, bahkan sulit menghargai orang lain dan sebagainya. Kalau sudah bahagia, kita akan melihat makanan sehat sebagai hadiah surga dunia dari Allah yang wajib kita syukuri dan nikmati. Beda sekali kalau misal pikiran kita ruwet atau banyak masalah yang ada pada diri kita (terutama hati kotor), bahkan kita akan menganggap sayur mayur dan buah-buahan segar adalah racun.

2. Efek dari kebahagiaan diri

Teman, setelah kita bahagia dengan diri kita sendiri, otomatis kita akan terus berpikir positif, tidak akan banyak berprasangka buruk terhadap orang lain. Kuncinya, buat apa kita menuntut bahagia dari orang lain kalau dengan diri kita sendiri saja sudah bahagia. Orang lain mau kepo, mau ngatain, mau jutekin, mau apapun itu, cuek aja, so what?! hihihihi…. Toh, orang masih sibuk urusin hal-hal tidak penting, tapi kita sudah jauh menuju ke depan dengan hidup sehat dan penuh syukur. Saya benar-benar bersyukur karena saya jadi lebih bahagia, lebih legowo (sama hal yang konotasinya buruk untuk diri saya). Bahkan, Mba Dewi tak segan menghapus atau memblokir orang-orang yang memberikan komentar buruk di akun IG dan youtube-nya, misalnya “ih diet orang aneh, makan sayur kok dijus (emangnya Mba Dewi maksa harus nge jus sayuran? tidak kok), ah itu mah diet orang kaya, ah itu mah diet susah, ih itu pasti nggak enak huek..” dll. Bukan apa-apa, karena terkait hal ini Mba Dewi hanya akan hidup dengan orang-orang yang bahagia dan positif, menghargai diri sendiri dan orang lain. Mba Dewi tidak akan membiarkan orang-orang yang akan mengawali hidup sehatnya mendapat gangguan-gangguan dari netizen yang tidak bertanggung jawab.

3. Say yes to real food, say no to fake food

Real food versi mba Dewi adalah makanan yang tumbuh di atas tanah bumi pertiwi, disinari matahari, biasanya berwarna-warni, tidak diolah secara berlebihan, tidak digarami, tidak digula-i, tidak diberi penyedap, dan segala macam yang tidak alami. Artinya, Mba Dewi menyarankan semua makanan halal buah, sayur, ubi, sesekali ikan, atau telur rebus, yang kesemuanya kalau bisa dibeli dari PASAR TRADISIONAL. Mba Dewi sangat tidak menyarankan segala sesuatu yang diolah, apalagi dengan mesin. Jadi, Mba Dewi sebut semua makanan olahan adalah fake food. Mie instan, roti, pizza, burger, bakso, pasta, kesemuanya adalah fake food buat orang yang mau sehat.

4. Efek domino yang membahagiakan bangsa

Ini sih saya yang menyimpulkan. Saya pikir, jika ada lima ribu orang punya mindset seperti mba Dewi, berapa banyak petani yang senyum bahagia karena dagangannya laris manis? Berapa banyak uang yang dihemat untuk pengobatan di Rumah sakit? Kalau orang lain berpikir beda, ya itu terserah mereka 🙂

5. Memecah mitos diet yang salah

Beberapa  orang mungkin berpikir bahwa diet adalah lapar, menderita, dan lemah. Tapi Mba Dewi beda, kita boleh makan apa saja, kapan saja, di mana saja. Masalahnya adalah apa yang kita makan. Kita harus memastikan bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh kita adalah sesuatu yang sehat dan alami, juga diberkahi ya, jangan hasil nyuri atau korupsi #upssst 😊😊. Mba Dewi menyarankan untuk full makan buah dan sayur di pagi hari, boleh dibuat jus, boleh dimakan langsung, yang penting dicuci bersih dengan cara yang benar, lengkapi dengan susu rendah lemak. Untuk waktu brunch sekitar jam sembilan sampai jam sebelas, boleh ngemil buah sepuasnya. Siang hari, kita boleh makan sajian yang lengkap, karbohidrat, protein, sayur, dan buah. Karbohidrat dipastikan dari umbi-umbian ya, dimasak panggang atau kukus rendah api. Protein bisa dengan ikan pepes less-salt. Itu cuma contoh ya teman, bisa kita kreasikan sendiri kok. Makan malam hanya boleh buah, sayur, atau protein juga boleh, tapi kalau pagi sudah makan telur rebus, sore tidak boleh makan telur lagi. Ingat ya, buah harus lokal, pun ikan, terus minum air putih minimal delapan gelas sehari. Salah satu kunci juga, sebelum minum atau makan,  kita disarankan mengajak komunikasi bagian-bagian tubuh kita dengan senyum bahagia penuh antusias #ceilah. Contoh, “halo perutku, lambungku sayang, ni aku mau kasih minum jus sehat ni, bahagia ya, sehat-sehat dan jangan nakal ya.” In syaa Allah deh dengan izin Allah badan bakal terasa ringan.

6. Berhati-hati menjawab tentang Cheating Day

Meskipun diajarkan untuk terus memakan makanan sehat, namun tidak menutup kemungkinan Mba Dewi juga memasukkan menu enak nan lezat ala orang biasa lho, misalnya ayam bakar sambel terasi, gulai, gudeg, dll. Tapi, hati-hati dengan yang satu ini. Bagi teman-teman yang baru mau memulai Diet Kenyang ala mba Dewi, jangan sekali-kali tanyakan tentang cheating day deh. Karena, itu sama saja mau daftar sekolah tapi sudah tanya ada liburnya atau tidak. heheh… Mba Dewi makan makanan semacam itu mungkin hanya sebulan sekali, dan itu porsinya sepertiga dari makanan sehat yang biasa dikonsumsi. Artinya, kita harus benar-benar berkomitmen dan berhati-hati ya teman kalai mau hidup sehat.

7. Efek yang dirasakan (personal)

Setelah 2 minggu menjalani program diet kenyang Mba Dewi, ehmm… pertama yang jelas bahagia sekali. Saya selalu excited tiap liat buah dan sayuran hijau di Pasar. Jadi, saya lebih bersyukur juga atas rejeki penglihatan yang Allah beri. Saya bisa menikmati pemandangan indah sayur mayur tiap pagi hehe.. sesimpel itu! Ke dua, saya jadi rajin olah raga, karena badan sangat ringan. Saya setidaknya melakukan yoga pemula tiap pagi dan sore hari. Alhasil, perut kempess guys.. 😊😊 Ke tiga, tiap bangun tidur napas saya terasa segar, tidak ada masalah semacam berasa bau mulut, (mohon maaf) BAB pun lancar dan (maaf lagi ya) tidak berbau khas ee*, warnanya juga cerah. Terpaksa saya ceritakan ini ya teman, karena saya benar-benar merasakan banyak  efek positif. Ke empat, whitness sembuh, infeksi saluran kemih saya sembuh, kemudian keseringan kram juga sembuh. Ke lima, berat badan saya turun 3kg. Mungkin akan banyak yang bilang itu tidak baik karena terlalu cepat. Tapi, ini sangat wajar buat saya, lhawong pulang ke Jawa seminggu saja berat badan naik 3kg kok. heheh… Terpenting, kita tidak pernah menyiksa hak organ-organ tubuh kita, kita bukannya tidak makan atau malah memasukkan obat-obat berbahaya. So, mengapa takut? Ke enam, waktu saya sekarang tidak banyak terbuang untuk memasak. Tiap pagi bisa dimanfaatkan untuk membaca, mengaji, atau membuat suatu karya misalnya menulis. Kalau dulu, pagi-pagi atau sore pulang kerja selalu rempong memasak hehe. Terakhir, saya jadi totally hemat uang. Biasanya, saya sering beli ayam penyet, cumi goreng tepung, udang balado, dan itu dalam sehari bisa sampai seratus ribu. Sekarang? jangan tanya, satu minggu enam puluh ribu dan dengan kualitas yang dimakan sesehat iu. Alhamdulillah sekali…

Jadi teman, yuk ikuti jejak Mba Dewi Hughes, dari sekarang.😊

Disclaimer: beberapa hal di atas saya tulis berdasar perspektif pribadi.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on May 24, 2017 by .

Navigation

